Distributor adalah eksekutor “Strategic Plan”-nya para Sales
& Marketing Manager principal / brand owner. Rencana pemasaran principal pada
akhirnya dieksekusi para profesional sales di sisi distributor. Nah, agar
rencana-rencana tersebut mencapai sasarannya, perlu untuk membuat “link” antara
rencana pemasaran principal dan eksekutornya (distributor).
Indikator Kinerja
“Link” antara principal dengan distributor adalah KPI “Key Performance Indicator” berupa sekumpulan
indikator kinerja kunci yang terukur (kuantitatif) yang dapat memberikan
informasi sejauh mana sasaran-sasaran sales & marketing principal berhasil dicapai
distributornya.
10 Grup KPI Untuk Distributor
Berikut adalah 10 group KPI sales & marketing yang sangat penting bagi principal untuk dieksekusi sebaik-baiknya oleh distributor selama periode tertentu (umumnya 1 siklus penilaian selama 6 bulan atau 1 tahun).
- Group KPI-Sales Result.
- Group KPI-Product Portofolio Result.
- Group KPI-Distribution Result.
- Group KPI-Financial Result.
- Group KPI-Distributor Infrastructure.
- Group KPI-Financial Support.
- Group KPI-Service to Customer.
- Group KPI-Sales Operation.
- Group KPI-Marketing Support
- Group KPI-Sales Administration.
Setiap group
KPI terdiri dari beberapa KPI tunggal yang memiliki difinisi, formula,
dokumentasi, dan cara pengukuran yang spesifik. Berikut saya berikan contoh
sub-KPI dari ‘Group KPI – Distribution Result’ seperti dalam tabel dibawah ini
:
Jika Anda ingin informasi lebih lengkap mengenai topik ini, dapatkan E-book Distributor Grading (Cari di katagori E-Book) atau klik link berikut untuk pindah halaman ke E-Book Distributor Grading
Cheers Up !
Selamat Bekerja!
Best Regard
This article is open for shared with put mark the original source of http://commercial-management.blogspot.co.id/
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.