Mengapa Perlu “Meng-Grading” Distributor?
Seperti yang sudah saya
paparkan dalam tulisan terdahulu, distributor adalah eksekutor strategi pertumbuhan
bisnis principal di pasar (KPI Distributor
berfokus pada 2 hal utama : sales achievement & growth, coverage achievement
& growth (vertikal dan horizontal) sehingga jika didapati bisnis tidak
berkembang, distributor adalah pihak yang pertama kali di lirik (dengan catatan
kualitas produk ok dan aktivitas penciptaan permintaan ‘cukup baik’ dilakukan
principal.
Setidaknya ada dua pertimbangan utama
mengapa perlu “meng-grading” distributor secara periodik. Pertimbangan pertama adalah : principal
perlu mengetahui secara kuantitatif seberapa baik distributor menjalankan
fungsi-fungsi mereka (mendistribusikan produk, layanan, pembayaran, eksekusi
trade marketing dll). Pertimbangan kedua adalah : sebagai masukan strategis untuk
perbaikan kinerja principal dan distributor (sales & marketing, keuangan,
SDM, produksi, supply chain).
Kapan “Meng-Grading” Distributor?
Setidaknya sekali setiap 3 bulan
sehingga masih ada waktu untuk membuat tindakan korektif untuk pencapaian
target tahunan.
Bagimana Caranya ?
Banyak cara untuk meng’’grading”
distributor, cara yang paling sederhana adalah dengan meng’’grading” berdasarkan pencapaian penjualan pertahunnya.
Penjualan hanya salah satu aspek dari banyak aspek kinerja distributor yang
saling terkait (sebab akibat) sehingga tidak cukup hanya dengan menilai
penjulannya saja.
Pendekatan yang terbaru adalah meng-‘grading' dengan tool DPMS “Distributor Performance Manajemen System. Tool ini dibuat berdasarkan
konsep manajemen terbaru “Balanced Scorecard” yang digunakan untuk mengukur,
menganalisis, dan mengelola kinerja distributor seperti dalam ilustrasi dibawah ini.
Langkah selanjutnya adalah : tentukan
KPI dari setiap aspek B/S, tentukan bobot dari setiap aspek B/S dan % bobot
dari setiap KPI, tentukan target-target setiap KPI, tentukan cara menghitung
pencapaian setiap KPI, tentukan sumber dokumen standarnya, buat standar “grading”nya,
hitung skor DPMS setiap distributor, lakukan “grading” berdasarkan skor,
terakhir ambil keputusan : corrective action atau terminasi, tergatung sikon
yang anda hadapi.
Jika Anda ingin informasi lebih lengkap mengenai topik ini, dapatkan E-book Distributor Grading (Cari di katagori E-Book) atau klik link berikut untuk pindah halaman ke E-Book Distributor Grading.
Jika Anda ingin informasi lebih lengkap mengenai topik ini, dapatkan E-book Distributor Grading (Cari di katagori E-Book) atau klik link berikut untuk pindah halaman ke E-Book Distributor Grading.
Semoga bermanfaat.
Cheers Up !
Selamat Bekerja!
This article is open for shared with put mark the original source of http://commercial-management.blogspot.co.id/
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.